LEARN / ARTICLE

CAZ Stories: Nafas sukses mengurangi 89,5% polusi di Mighty Minds Preschool


WRITTEN BY

Nafas Indonesia

PUBLISHED

30/08/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


CAZ Stories adalah serangkaian artikel yang menyoroti dampak signifikan dari Clean Air Zone dalam mendiagnosis dan memitigasi masalah kualitas udara dalam ruangan bagi bisnis di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, baca CAZ Stories kami sebelumnya:


Polusi udara sudah lama menjadi masalah di Jakarta. Pada 2022, rata-rata tingkat polusi PM2.5 tahunan DKI Jakarta mencapai 37 µg/m3. Ini 7 kali lebih tinggi dari batas paparan tahunan WHO (5 µg/m3) dan dikategorikan sebagai tidak sehat.

Particulate Matter 2.5, atau PM2.5, merupakan polutan yang dianggap berbahaya oleh badan kesehatan dunia WHO. Penyebabnya adalah dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan mengingat ukurannya yang kecil sehingga bisa mudah terhirup masuk saat kita bernapas. PM2.5 berbahaya bagi semua orang, terutama warga yang termasuk kelompok sensitif termasuk anak-anak di bawah usia 5 tahun dan orang lanjut usia di atas umur 60 tahun.



Baru-baru ini Nafas mempublikasikan artikel berjudul “Bangunan Kita Membuat Kita Sakit” yang menyoroti polusi udara yang bukan hanya polusi luar ruangan, tapi juga dalam ruangan. Bagi warga yang tinggal di kota berpolusi, nyaris tidak ada bedanya kualitas udara di luar dan dalam ruangan.

Hal ini juga terjadi di sekolah-sekolah kita di mana kualitas udara sudah seharusnya menjadi sebuah standar, bukan hanya bersifat benefisial.

Polusi PM2.5 di sekolah memengaruhi kesehatan para murid

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan di Kosin Medical Journal yang dilakukan oleh peneliti di Korea Selatan dan Jepang mengamati efek jangka pendek yang disebabkan oleh PM2.5 pada anak-anak. Hasilnya, risiko serangan asthma meningkat sebanyak 9% pada anak-anak setelah paparan PM2.5 sehari sebelumnya meningkat 10 μg/㎥ dari baseline 15 μg/㎥ (Lee et al., 2018). Ini mengkhawatirkan dan membutuhkan perhatian segera dari pihak sekolah demi menjaga kesehatan para murid, guru, dan staf sekolah lainnya.

Nafas bekerja sama dengan Mighty Minds Preschool di Hang Tuah, Kemang, and Menteng untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruang-ruang kelas di sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman dan nyaman.

Permasalahan: Kualitas udara di Mighty Minds tidak sehat

Untuk menentukan seberapa banyak polusi yang masuk ke dalam kelas, Nafas menggunakan pemantau kualitas udara yang terhubung ke cloud untuk mengukur tingkat PM2.5, CO2, suhu, dan kelembapan.

Selama periode diagnosis, kami menemukan hasil yang mengejutkan. Kualitas udara di dalamnya hampir sama dengan kualitas udara di luar ruangan! Oleh karena itu pemantauan ini Nafas membagi lantai menjadi dua zona:

1. Non-Clean Air Zone
2. Clean Air Zone

Untuk memahami masalah ini lebih dalam, mari pertama-tama kita lihat kualitas udaranya sebelum menjadi Clean Air Zone. Seperti yang terlihat pada data di bawah, tingkat PM2.5 di dalam ruangan (ditandai dengan garis merah muda) tidak pernah turun di bawah 15 µg/m3 sepanjang minggu tersebut.



Sekarang mari kita kembali mundur beberapa bulan, yaitu ke bulan Januari di tahun 2023. Jika kita lihat data bulanannya, kita dapat melihat bahwa tingkat PM2.5 di dalam ruangan mencapai 42 ug/m3 yang dimana nyaris 3 kali lebih tinggi dari yang direkomendasikan oleh banyak penelitian, yaitu 15 ug/m3. Gedung sekolah hanya dapat mengurangi sediki polusi udara yang datang dari luar, yang dimana berarti dibutuhkan alat filtrasi tambahan di Mighty Minds Hang Tuah.



Nafas AirScore untuk sekolah ini yaitu D, yang berarti kualitas udara di sekolah saat itu tidak sehat untuk murid-murid dan butuh tindakan segera untuk meningkatkan kualitas udara!

Solusi: Mengubah Mighty Minds Preschool menjadi Clean Air Zone

Untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan sekolah, kantor, dan tempat olahraga di kota-kota berpolusi seperti Jakarta, Nafas telah mengembangkan ekosistem yang disebut Clean Air Zone. Clean Air Zone dirancang untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan tetap sehat selama jam kerja melalui gabungan sistem otomatis pemantauan, penyaringan, sertifikasi, dan program keterlibatan karyawan dan pelanggan berbasis data. Memperbaiki kualitas udara di sekolah kini menjadi lebih mudah. Cukup berlangganan layanan ini dan tanpa adanya komitmen awal.



Dengan menggunakan Clean Air Zone di sekolah, kualitas udara dalam ruangan dapat meningkat secara signifikan, menciptakan lingkungan yang lebih sehat baik bagi para siswa dan guru.

Yang lebih baik lagi, seluruh prosesnya otomatis sehingga tidak perlu usaha ekstra dari pihak pengelola sekolah. Nikmati semua layanan Clean Air Zone tanpa uang muka, menjadikan peningkatan kualitas udara di sekolah kalian jauh dari kata ribet.

Hasil

Dalam periode yang sama, tiga cabang dari Mighty Minds Preschool di Hang Tuah, Menteng, dan Kemang telah menjadi bagian dari Clean Air Zone. Hal ini membuat Nafas dan manajemen sekolah melihat bagaimana kualitas udara meningkat secara signifikan.

Saat jam sekolah sedang berlangsung, Clean Air Zone berhasil menjaga kualitas udara tetap berada di bawah 15 µg/m3 - hal ini 3 kali lebih baik daripada saat belum menjadi bagian dari Clean Air Zone.



Clean Air Zone berhasil menjaga kualitas udara di semua ruangan kelas pada tingkat sehat dalam sebulan penuh.



Kita bisa melihat hasilnya di bawah ini bagaimana kualitas udara di Mighty Minds Preschool di semua cabang dibandingkan dengan kualitas udara di luar. Semua cabang Mighty Minds Preschool telah berhasil memperbaiki kualitas udaranya setelah menjadi bagian dari Clean Air Zone.







Dengan mengimplementasikan Clean Air Zone sebagai bagian dari komitmen sekolah untuk menciptakan lingkungan yang aman dan sehat untuk belajar di sekolah dengan mengurangi paparan polusi udara terhadap murid-murid di sekolah, maka Mighty Minds Preschool berhasil meningkatkan AirScore mereka dari nilai “D” menjadi "A".

Mighty Minds Preschool adalah sekolah pertama di Indonesia yang menjadi Clean Air Zone dan telah menerapkan kebijakan udara bersih dalam kegiatan sekolah.

Laporan bulanan

Clean Air Zone berbasis dengan data, dan setiap lokasi akan mendapatkan laporan per minggu atau per bulan secara rutin. Laporan ini berisi kondisi kualitas udara yang telah dijaga dengan Clean Air Zone, dan menyediakan data yang sekolah dapat bagikan dengan orang tua, guru, staf, dan pemegang saham.

Di bawah ini adalah contoh rutin laporan yang diterima secara rutin oleh sekolah.



Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Clean Air Zone, silakan email kami di [email protected] atau klik tombol di bawah ini untuk mendaftar untuk diagnosis AirScore gratis!