LEARN / ARTICLE

CAZ Stories: Kualitas Udara di Pace Performance Berhasil Meningkat 3 Kali Lebih Baik


WRITTEN BY

nafas Indonesia

PUBLISHED

26/09/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


CAZ Stories merupakan sebuah serial cerita sukses Clean Air Zone yang telah berhasil mendiagnosa dan memperbaiki masalah kualitas udara di dalam ruangan atau bangunan-bangunan di Indonesia. Baca CAZ Stories kami sebelumnya:

  1. Nafas berhasil memperbaiki kualitas udara di dalam Mighty Minds Preschool sebesar 89,5%
  2. Nafas sukses mengurangi polusi di kantor AC Ventures sebanyak 70%


Polusi udara sudah lama menjadi masalah di Jakarta. Pada 2022, rata-rata tingkat polusi PM2.5 tahunan DKI Jakarta mencapai 37 µg/m3. Ini 7 kali lebih tinggi dari batas paparan tahunan WHO (5 µg/m3) dan dikategorikan sebagai tidak sehat.

Particulate Matter 2.5, atau PM2.5, merupakan polutan yang dianggap berbahaya oleh badan kesehatan dunia WHO. Penyebabnya adalah dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan mengingat ukurannya yang kecil sehingga bisa mudah terhirup masuk saat kita bernapas. PM2.5 berbahaya bagi semua orang, terutama warga yang termasuk kelompok sensitif termasuk anak-anak di bawah usia 5 tahun dan orang lanjut usia di atas umur 60 tahun.



Belum lama ini Nafas mempublikasikan artikel berjudul “Bangunan Kita Membuat Kita Sakit” yang menyoroti bahwa polusi udara bukan cuma masalah luar ruangan, tapi juga dalam ruangan. Jika kamu termasuk warga yang tinggal di wilayah berpolusi, besar kemungkinannya kualitas udara di dalam rumah nyaris tidak ada bedanya dengan kondisi di luar.

Hal ini tidak hanya terjadi di rumah, tapi juga seluruh bangunan yang ada. Mulai dari sekolah, gedung perkantoran, bahkan termasuk gym dan studio olahraga langganan kalian. Yang tadinya olahraga bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi karena ada kebocoran polusi udara dari luar justru mengurangi benefit dari olahraga itu sendiri.

Polusi PM2.5 yang terhirup saat berolahraga dapat memengaruhi kesehatan

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Nasional Seoul yang melibatkan orang-orang berusia 20-35 tahun selama 10 tahun, individu yang berolahraga di area dengan tingkat PM2.5 di atas 26 µg/m3 memiliki risiko penyakit jantung 33% lebih tinggi dibandingkan mereka yang sama sekali tidak berolahraga.



Kabar buruknya, rata-rata kualitas udara di DKI Jakarta tidak sehat, baik untuk kelompok sensitif maupun masyarakat umum, sehingga tidak disarankan untuk berolahraga di luar saat tingkat polusi sedang tinggi.

Nafas bekerja sama dengan Pace Performance, sebuah pusat kebugaran modern yang berlokasi dekat kawasan bisnis Sudirman, Jakarta, untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Tujuannya tentu saja untuk menyediakan lingkungan yang lebih aman bagi anggota yang berolahraga di gym mereka maupun karyawan gym itu sendiri.

Permasalahan: Kualitas udara di dalam Pace Performance tidak sehat

Untuk menentukan seberapa banyak polusi yang masuk ke dalam ruang gym, Nafas menggunakan pemantau kualitas udara yang terhubung ke cloud untuk mengukur tingkat PM2.5, CO2, suhu, dan kelembapan. Selama periode diagnosis, kami menemukan hasil yang mengejutkan. Kualitas udara di dalamnya hampir sama dengan kualitas udara di luar ruangan!

Untuk memahami masalahnya, pertama-tama kami memeriksa area Non-Clean Air Zone yang ada. Seperti yang terlihat pada grafik, kualitas udara di dalam ruangan (ditandai dengan garis merah muda) sering berada di atas 26 µg/m3, batas yang direkomendasikan oleh penelitian Universitas Nasional Seoul.



Dari data di bawah terlihat bawah tingkat PM2.5 di dalam ruangan berada di atas dari yang direkomendasikan studi di Seoul National University, yaitu 26 µg/m3.



Nafas AirScore untuk sekolah ini yaitu C, yang berarti kualitas udara di dalam gym saat itu tidak sehat karena kurang optimalnya sistem penyaringan udara yang ada sehingga butuh tindakan segera untuk meningkatkan kualitas udara.

Solusi: Mengubah Pace Performance Menjadi Clean Air Zone

Untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan gym, perkantoran, sekolah, bahkan residensial pribadi, Nafas telah mengembangkan ekosistem yang disebut Clean Air Zone. Clean Air Zone dirancang untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan tetap sehat selama jam kerja melalui gabungan sistem otomatis pemantauan, penyaringan, sertifikasi, dan program keterlibatan karyawan dan pelanggan berbasis data. Memperbaiki kualitas udara di sekolah kini menjadi lebih mudah. Cukup berlangganan layanan ini dan tanpa adanya komitmen awal.



Dengan menjadikan gym sebagai Clean Air Zone, kualitas udara dalam ruangan akan meningkat secara signifikan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi karyawan maupun member gym yang berolahraga.

Kabar baiknya lagi, seluruh prosesnya otomatis sehingga tidak perlu usaha ekstra dari pihak manajemen. Nikmati semua layanan Clean Air Zone tanpa uang muka, menjadikan peningkatan kualitas udara di kantor kalian jauh dari kata ribet!

Hasil yang didapat

Nafas menjadikan seluruh area Pace Performance menjadi Clean Air Zone untuk melihat seberapa besar peningkatan kualitas udara dalam ruangan yang terjadi.

Selama jam operasional, Clean Air Zone berhasil menjaga kualitas udara dalam ruangan di bawah 12 µg/m3, standar kualitas udara dalam ruangan yang baik. Itu sudah 3 kali lebih baik dibandingkan kualitas udara di area yang bukan Clean Air Zone.



Dalam periode waktu yang sama, kualitas udara di kedua gym menjadi ‘Sehat’ selama sebulan penuh setelah menjadi Clean Air Zone.



Dengan mengimplementasikan Clean Air Zone untuk membantu memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan gym, Pace Performance berhasil meningkatkan Nafas AirScore dari “C” menjadi "A".

Laporan Bulanan Kualitas Udara

Clean Air Zone berbasis dengan data, dan setiap lokasi akan mendapatkan laporan per bulan secara rutin. Laporan ini berisi kondisi kualitas udara yang telah dijaga dengan Clean Air Zone, dan menyediakan data yang sekolah dapat bagikan dengan orang tua, guru, staf, maupun stakeholder lainnya.

Di bawah ini adalah contoh laporan yang akan diterima secara rutin oleh Pace Performance.



Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Clean Air Zone, silakan email kami di [email protected] atau klik tombol di bawah ini untuk mendaftar untuk diagnosis AirScore gratis!