LEARN / ARTICLE

7 Sekolah dengan Kualitas Udara Terbaik di Jakarta!


WRITTEN BY

Nafas Indonesia

PUBLISHED

04/12/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Hore, musim hujan telah datang! Derasnya hujan akan membilas bersih polusi udara di setiap sudut Jakarta, bukan?

Sayangnya, realita tidak berkata demikian. Data dari jaringan sensor Nafas menunjukkan tingkat polusi udara yang tetap tinggi di wilayah Jabodetabek. Selama tiga bulan terakhir, bahkan DKI Jakarta secara konsisten menunjukkan kualitas udara yang tidak sehat untuk kelompok sensitif. Konsentrasi rata-rata PM2.5 bervariasi antara 40-48 μg/m³.

Di bulan November terpantau ada sedikit penurunan tingkat polusi udara, namun rata-rata bulanan PM2.5 sebesar 40 μg/m3, atau nyaris 3x di atas Baku Mutu Udara Ambien Tahunan Indonesia (BMUA) yang berada di angka 15 μg/m3.

Hasil penelitian Nafas di lapangan juga menunjukkan tingkat kebocoran polusi dari luar ke dalam bangunan bisa mencapai 100%. Kabar baiknya, ada sekolah-sekolah di Jakarta yang bisa menjaga kualitas udara di dalam ruang-ruang kelasnya tetap sehat!

Kok bisa? Tentu bisa, sebab sekolah-sekolah tersebut telah tersertifikasi sebagai Clean Air Zone! Penasaran sekolah apa saja yang kami maksud? Cek rangkuman lengkapnya di bawah ini!

IShine Kelapa Gading

IShine merupakan lembaga pendidikan internasional berbasis alam yang terdiri dari tingkatan PAUD hingga taman kanak-kanak (TK) di Jakarta Utara. Sekolah ini berhasil menjaga kualitas udara dalam ruangannya tetap sehat selama jam sekolah, bahkan sesuai batas paparan tahunan WHO yaitu 5 μg/m3!

ISMILE Permata Hijau

Sekolah internasional berprinsip nature-based ini terdiri dari tingkatan PAUD hingga TK di Jakarta Selatan. ISMILE Permata Hijau berhasil mempertahankan kebersihan udara di dalam ruangan dengan rata-rata PM2.5 9 μg/m³ dan masuk kategori kualitas udara sehat!

New Zealand School

Berlokasi di daerah Kemang, New Zealand School adalah ekosistem pendidikan internasional dari Selandia Baru yang memiliki program PAUD hingga sekolah menengah atas. Sekolah ini berhasil menjaga kualitas udara di dalam ruangannya, hingga 4 kali lebih sehat dibandingkan kualitas udara di luar!

Green Montessori School

Lembaga pendidikan berbasis montessori di kawasan Jakarta Selatan ini juga berada di deretan sekolah berkualitas udara terbaik selama November lalu. Green Montessori School berhasil mempertahankan kualitas udara sehat dengan PM2.5 sebesar 9 μg/m³, atau 4 kali lebih bersih dibandingkan outdoor.

HEI Schools

Sekolah taman kanak-kanak berbasis kurikulim Finlandia yang berlokasi di Senayan ini juga memiliki komitmen untuk menjaga kualitas udara di ruang-ruang kelas mereka. Setelah menjadi Clean Air Zones, kualitas udara di HEI Schools tergolong sehat dengan tingkat PM2.5 sebesar 10 μg/m³.

Mighty Minds

Mighty Minds merupakan taman kanak-kanak berbasis kurikulum internasional yang memiliki tiga cabang kampus di Jakarta, yaitu di Menteng (Jakpus), dan Kemang serta Hang Tuah (Jaksel).

Hebatnya, selama bulan November, ketiga sekolah Mighty Minds berhasil mempertahankan kualitas udara sehat sepanjang jam belajar dengan rentang PM2.5 sebesar 5-10 μg/m3, atau hingga 7 kali lebih bersih dibandingkan kualitas udara di luar!

Mighty Minds juga merupakan sekolah pertama di Indonesia yang tersertifikasi Clean Air Zone dan yang memiliki kebijakan sekolah berbasis kualitas udara.

Kinderfun Preschool

Salah satu PAUD yang terletak di Jakarta Selatan ini juga bagian dari Clean Air Zone, lho! Berdasarkan pengukuran yang telah dilakukan oleh tim Nafas, sekolah ini telah berhasil membuat kualitas udara dalam ruangannya menjadi lebih baik lebih dari tiga kali lipat. Tentunya, ini pencapaian yang sangat baik dan berarti untuk kesehatan setiap peserta didik di dalamnya.

Selamat kepada tujuh sekolah yang telah berhasil menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung perkembangan kognitif, kreativitas, dan kreativitas anak-anak, dan juga yang lebih penting lagi sehat!

Ingin sekolahmu juga terjaga kebersihan udaranya? Silakan kirimkan e-mail ke [email protected] atau klik di bawah ini untuk mendaftar dan mendapatkan diagnosis AirScore gratis!