LEARN / BLOG

Tanjung Kelayang Reserve: Destinasi Udara Bersih dengan Segudang Pengalaman Ekowisata


WRITTEN BY

nafas Indonesia

PUBLISHED

15/09/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Dapat ditempuh dalam penerbangan 45 menit dari Jakarta, Tanjung Kelayang Reserve di Belitung menawarkan ‘surga tersembunyi’ bagi warga yang mendambakan pelarian sempurna dari serbuan polusi udara ibukota.

Belitung langganan menjadi wilayah dengan udara terbersih di jaringan sensor Nafas setiap bulannya. Dari data kualitas udara Nafas tahun ini juga terlihat bawah Belitung memiliki tingkat polusi terendah selama periode Januari-Agustus 2023.



Belitung juga menjadi satu-satunya wilayah yang rata-rata kualitas udaranya “Baik”, berbeda dengan mayoritas wilayah yang masuk ke kategori “Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif”. Dibandingkan Jakarta, kualitas udara Belitung bahkan tiga kali lebih sehat!

Siap Berpetualang Lewat Segudang Aktivitas Seru

Berlokasi di lingkungan yang sangat asri dan mendapat status sebagai Situs Geosite UNESCO, Tanjung Kelayang Reserve hadir sebagai destinasi wisata alam yang keasrian dan keaslian lingungannya terkaga serta udaranya masih bersih. Buat kami pecinta pantai pasti akan dipuaskan dengan pengalaman menyelami biru dan jernihnya Laut China Selatan serta menyusuri pantai dengan hamparan pasir putih sehalus bedak.

Bukan sekadar tempat pelarian, destinasi yang satu juga seakan menawarkan paket lengkap untuk individu maupun keluarga: wisata alam, koleksi flora dan fauna, petualangan seru dan menantang, juga sambil menjaga jejak karbon serendah mungkin.



Berencana liburan ke Belitung dalam waktu dekat? Simak berbagai aktivitas seru yang bisa kalian coba saat berkunjung ke Tanjung Kelayang Reserve!

Berenang di laut

Apa artinya ke Belitung tanpa menjajal pengalaman berenang di lautan yang termasuk dalam kawasan UNESCO Global Geopark! Selain dapat merasakan langsung dingin jernihnya air laut, kalian juga bisa menyaksikan langsung keindahan alam di lokasi geologis yang unik ini.



Snorkeling

Selami jernihnya air laut dan temukan dunia bawah laut yang mempesona dan kaya akan biota lautnya serta terumbu karang yang penuh warna. Aktivitas ini cocok untuk keluarga maupun individu, tim Blue Mind akan memandu kalian ke lokasi-lokasi snorkeling terbaik!

Coastal Foraging

Cicipi budaya lokal dengan mengumpulkan bahan makanan di sepanjang pantai, mulai dari panganan hewan dan tanaman laut yang segar. Siap-siap mendapatkan cerita menarik selama kegiatan ini karena akan ada seorang nelayan lokal yang memandu kita ke penemuan-penemuan menarik di sepanjang teluk.



Pelepasan Penyu

Jangan lewatkan kesempatan berpartisipasi dalam usaha konservasi melepaskan bayi penyu ke habitat aslinya di laut saat berlibur ke Tanjung Kelayang Reserve! Selain bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, aktivitas ini juga penuh edukasi bagi seluruh anggota keluarga.

Pelestarian Terumbu Karang

Belajar sambil konservasi? Kenapa tidak! Di sini kita bisa belajar sambil membantu mentransplantasikan terumbu karang yang rusak. Pengalaman berharga yang jarang didapatkan di tempat lain!



Eksplorasi Gua Kelayang

Menelusuri gua mungkin terdengar terlalu ekstrem bagi sebagian orang, tapi ini menjadi salah satu aktivitas yang wajib kamu coba saat berada di Tanjung Kelayang Reserve. Gua yang tebentuk dari susunan batu granit ini berlokasi di Pulau Kelayang dan cocok buat kamu para pecinta tantangan!



Forest Trail

Buat yang hobi trekking, pengalaman menelusuri jalur hutan yang penuh pepohonan hijau lebat di Tanjung Kelayang Reserve nggak boleh dilewatkan! Jangan khawatir bakal tersesat, karena kamu akan ditemani seorang pemandu berpengalaman menelusuri jalur trekking sambil ‘mengintip’ habitat asli hewan dan tanaman di kawasan hutan ini.

Penelusuran Terowongan 1908

Buat penyuka sejarah, kegiatan ini pantang dilewatkan! Temukan terowongan bersejarah yang dibangun selama era kolonial Belanda dipandu langsung oleh seorang geolog. Sekadar informasi, lokasi ini sekarang dilindungi dan berstatus sebagai Geosite UNESCO Nam Salu.



Mencari Tarsius

Bergabunglah dalam misi pencarian primata nokturnal di habitat aslinya, di dalam hutan Geosite UNESCO Bukit Peramun. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan penampakan makhluk imut-imut ini!

Bersepeda Santai

Selain jogging, masukkan bersepeda santai ke dalam opsi olahraga pagi kalian di Tanjung Kelayang Reserve. Penyewaan sepeda tersedia di lokasi sepanjang waktu bagi para pengunjung.

Tanjung Kelayang Reserve lebih dari sekadar destinasi wisata. Tempat ini menyuguhkan pengalaman yang lengkap dan perjalanan menuju dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.

Jika kalian berencana kabur dari pekatnya asap polusi perkotaan, ini adalah waktu yang tepat untuk tenggelam dalam keindahan alam dan kehidupan liarnya di lanskap yang masih terjaga kemurniannya!