LEARN / BLOG

Pesta Polusi 2022 — Pertandingan Polusi Udara Se-Jawa & Bali


WRITTEN BY

nafas Indonesia

PUBLISHED

12/12/2022

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Hai, salam dari tim nafas! 👋🏻

Saat ini dunia sedang heboh dan fokus pada pertandingan sepakbola akbar yang berlangsung di Doha, Qatar. Ajang adu taktik, kegigihan, dan kerjasama antar-tim nasional terbaik di dunia yang tak jarang memberikan banyak kejutan di setiap pertandingannya. Misalnya, tim-tim papan atas yang harus pulang kampung karena kalah atas tim-tim underdog.

Mengusung semangat yang sama, nafas ingin menyuguhkan perayaan kecil-kecilan untuk kalian, para warga nafas, yang sudah peduli dengan kualitas udara di Indonesia dan menjadi pengguna setia aplikasi nafas.

Selain itu, kualitas udara di Qatar dan Indonesia tidak berbeda jauh. Bahkan untuk penyelenggaraan pesta bola dunia ini, pihak tuan rumah memastikan melakukan berbagai tindakan preventif untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan di berbagai lokasi pertandingan. Jadi bertambah lagi satu alasan mengapa kami memilih format pertandingan sepakbola untuk memaparkan data-data kualitas udara kami!

Namun, alih-alih untuk merayakan pencapaian, acara ini justru ditujukan agar kita semakin peduli dengan isu polusi udara, dan tentunya mendorong perbaikan kualitas udara di Indonesia — secara struktural, segera, dan menyeluruh.

Berikut kami persembahkan: Pesta Polusi 2022 — Pertandingan Polusi Udara Se-Jawa & Bali.

Ini mungkin pertama kalinya dan satu-satunya ajang adu kualitas udara pernah diadakan di Indonesia! Totalnya ada 16 lokasi se-Jawa & Bali yang akan bertanding.

Nafas menggunakan data real-time dari bulan yang berbeda untuk setiap babaknya:

  • Babak Kualifikasi: Data Agustus
  • Babak Perempat Final: Data Juli
  • Babak Semifinal: Data Juni
  • Babak Final: Data Desember

Juni-Agustus merupakan periode dengan kualitas udara terburuk tahun ini! Data-data tersebut dikumpulkan dan dianalisa dari 180+ sensor nafas yang tersebar di Pulau Jawa & Bali. Parameter yang digunakan adalah PM2.5 (dalam satuan ug/m3). Lokasi paling berpolusi dengan tingkat PM2.5 tertinggi akan menang.

Untuk membuat setiap pertandingan semakin menarik, kita juga menambahkan Formasi Tim (formasi berdasarkan lokasi sensor), Top Scorer (Lokasi sensor pencetak polusi PM2.5 tertinggi), Waktu Kritis (Jam dengan kadar PM2.5 tertinggi), dan masih banyak lagi ke dalam analisa pertandingan!

Pertandingan akan berlangsung selama 7 hari penuh. Dimulai dari Senin, 12 Desember dengan pertandingan JAKARTA SELATAN vs TANGERANG SELATAN dan BOGOR vs MALANG, dan final pada Senin, 19 Desember.

Penasaran bagaimana performa kualitas udara ke-16 lokasi? Follow dan pantau terus @nafasidn di Instagram & Twitter untuk tahu hasil pertandingannya. Jangan ragu untuk ‘dukung’ lokasi kalian, share, dan mention perwakilan pemerintah daerahmu, siapa tahu mendapat perhatian dan ada tindak lanjut dari pembuat kebijakan! :)

Cek pinned thread ini untuk mengetahui segala informasi dan hasil pertandingan yang telah berlangsung!