LEARN / BLOG

Laporan Nafas: Jutaan Orang Mudik, Kok Polusi Jakarta Tidak Turun Drastis?


WRITTEN BY

Kezia Grace

PUBLISHED

10/05/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Laporan Kualitas Udara Nafas April 2023 telah dirilis!

Di laporan bulanan kali ini tim nafas lebih menyoroti periode arus mudik dan libur Idul Fitri saat jutaan warga meninggalkan Jabodetabek dan kembali ke kampung halaman masing-masing. Meskipun arus mudik 2023 naik 41% dibandingkan tahun lalu, namun ternyata tidak terjadi peningkatan kualitas udara Jakarta yang signifikan pada periode arus mudik (20-21 April).

Kualitas udara yang buruk juga dirasakan oleh kota-kota lain. Dari 14 kota yang dipantau kualitas udaranya, Bandung menjadi kota yang paling buruk kualitas udaranya selama bulan April 2023 dengan rata-rata kualitas udaranya mencapai 37 ug/m3 atau 32% lebih buruk dibandingkan Jakarta.

Sementara di skala daerah, Bedahan (Depok) masih menduduki peringkat pertama dari 10 lokasi dengan polusi terburuk selama bulan April 2023, dengan konsentrasi PM2.5 di udara mencapai 49 ug/m3 (10 kali lebih tinggi dari pedoman WHO).

Banyak temuan menarik yang kita dapatkan dari laporan bulanan kualitas udara yang dikumpulkan tim nafas. Salah satunya adalah emisi kendararan bukan kontributor utama polusi udara Jakarta.

Lantas apa yang memengaruhi tingkat polusi Jakarta dan kota-kota lain sepanjang April 2023? Kota mana yang mengalami perbaikan atau perburukan kualitas udara? Selengkapnya bisa disimak di Laporan Kualitas Udara Nafas April 2023.

🔗 Unduh Laporan Kualitas Udara Nafas April 2023 👉 https://bit.ly/NBDApril23