LEARN / ARTICLE

Health-Conscious Hangouts: 6 Tempat Olahraga dan Perawatan Diri dengan Udara Terbaik di Jakarta


WRITTEN BY

Nafas Indonesia

PUBLISHED

12/12/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Buat warga yang tinggal di kota berpolusi seperti Jakarta, olahraga di luar sering terkendala karena tingkat polusi yang tinggi. Sekadar informasi, rata-rata tingka polusi di DKI Jakarta selama 2023 ini mencapai 38 μg/m3, atau masuk kategori Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif! Namun hal ini tidak menjadi alasan untuk tidak berolahraga, sebab kita masih bisa menjaga kesehatan dengan banyak cara.

Salah satunya adalah mengalihkan kegiatan olahraga ke dalam ruangan. Kabar baiknya, sudah banyak tempat olahraga di Jakarta yang kualitas udara di dalamnya terjaga baik karena sudah tersertifikasi sebagai Clean Air Zone! Buat yang lagi cari inspirasi tempat berolaraga tanpa khawatir terganggu polusi, simak daftar gym dan studio yoga mana saja yang pada bulan November lalu udaranya terjamin sehat! (Psst.. bonus dua beauty spot buat kamu yang mau memanjakan diri seusai berolahraga.)

Hustle House

Tempat pertama yang akan kita bahas kali ini adalah Hustle House! Gym ini memiliki visi untuk membantu setiap orang mencapai target kebugaran fisik mereka. Tentunya, hal tersebut perlu ditunjang dengan adanya udara yang bersih saat berolahraga. Maka dari itu, Hustle House bekerjasama dengan Clean Air Zone dari Nafas untuk menjaga kejernihan udara di gimnasiumnya.

Kualitas udara di Hustle House selama bulan November kemarin terbukti 4 kali lebih baik daripada udara luar ruangan. Lebih baiknya lagi, kondisi udara mereka masuk ke dalam Baku Mutu Udara Ambien Nasional (BMUAN) yang ada di angka 15 μg/m3.

GOWLAB

Kedua, ada GOWLAB, sebuah private gym yang terletak di Jakarta Selatan. Hadir untuk memberikan tempat yang nyaman untuk para penggemar olahraga, GOWLAB berinisiatif menjaga udara ruangannya dari polusi luar ruangan.

Kualitas udara di dalam Gowlab terjaga sehat selama jam operasional dengan tingkat PM2.5 sebesar 10 μg/m3, atau 3 kali lebih baik dibandingkan outdoor.

Union Yoga

Yoga dikenal sebagai sebuah aktivitas yang menenangkan dan menyehatkan. Pastinya, kedua hal tersebut akan terdukung dengan adanya udara ruangan yang bersih, bukan? Selama menjadi Clean Air Zone itu, kualitas udara di Union Yoga meningkat menjadi 4x lebih sehat dibandingkan dengan kondisi di luar ruangan.

PACE Performance

Untuk menjaga performa latihan para member yang optimum, PACE Performance memastikan kualitas udara di dalam ruangan tetap bersih dan sehat. Ekosistem Clean Air Zone berhasil menekan tingkat polusi yang bocor dari luar secara signifikan dan konsisten menyediakan udara sehat hingga 14x lebih baik ketimbang udara luar!

Usai berolahraga, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak dengan melakukan perawatan tubuh. Berikut rekomendasi kami bagi kalian yang mencari tempat hair spa, potong rambut, atau perawatan bulu mata dan kuku yang nyaman dan terbukti sehat di Jakarta 👇

Studio K (beauty salon)

Beralih ke ranah kecantikan, Studio K di Jakarta Selatan merupakan salah satu salon yang tidak cuma peduli akan estetika tempat, namun juga kesehatan dan kebersihan udaranya.

Apa lagi kalau bukan Studio K yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Selama menjadi Clean Air Zone, Studio K berhasil menjaga kesehatan udara di dalam ruangannya hingga lebih dari 3 kali lebih baik dibandingkan kualitas udara di luar.

Dandelion Senopati (beauty)

Terakhir, ada butik perawatan bulu mata dan kuku favorit banyak warga Jakarta, Dandelion Senopati. Tak cuma memperhatikan keindahan, butik kecantikan ini juga memberikan perhatian ekstra terhadap kesehatan pelanggan dan pegawai yang bekerja di sana dengan memastikan udara yang bersih.

Pada bulan November, Dandelion berhasil mempertahankan udara sehat dengan tingkat PM2.5 hanya sebesar 7 μg/m3. Secara keseluruhan, kualitas udara di dalamnya mencapai 5 kali lebih baik dibandingkan di luar!

Itu dia 6 rekomendasi tempat buat kalian berolahraga dan merawat diri setelah penat bekerja seharian! Sudah saatnya kita menerapkan pola hidup sehat yang mindful dengan memasukkan kualitas udara sebagai pertimbangan kita saat berolahraga. Sebab manfaat yang kita dapat dari berolahraga akan percuma jika dilakukan di luar saat tingkat polusi tinggi.

Apresiasi tertinggi juga kita sampaikan kepada 6 lokasi di atas yang tidak memerhatikan kesehatan dan kenyaman pelanggan! Semoga ke depannya semakin banyak lagi tempat yang turut memerhatikan kesehatan udara di dalam ruangannya.

Ingin gym dan butik kecantikan kalian terjaga juga kebersihan udaranya? Silakan kirimkan e-mail ke [email protected] atau klik di bawah ini untuk mendaftar dan mendapatkan diagnosis AirScore gratis!