LEARN / BLOG

Warga Bekasi, Ini Fakta Kualitas Udara di Wilayah Kamu!


WRITTEN BY

nafas team

PUBLISHED

25/07/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Hai, Warga Bekasi! 👋

Sudahkah kalian mengecek kualitas udara di daerah tempat tinggal kalian? Bagaimana tingkat PM2.5-nya, apakah kecil atau besar? Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kualitas udara di Kota Bekasi.

——————

Terletak sekitar 22 km dari Kota Jakarta, Bekasi merupakan salah satu kota dengan banyak kawasan industri di Provinsi Jawa Barat. Kota Bekasi juga menjadi bagi sekitar 2 juta penduduk. Adanya kawasan industri, khususnya di bagian timur kota, tentu menjadi salah satu masalah yang memengaruhi kualitas udara di Kota Bekasi, sehingga bisa berbahaya bagi kesehatan penduduknya.

Seberapa buruk kah udara di Kota Bekasi? 🤔

Pertama, mari kita kenal kembali tentang PM2.5, salah satu masalah yang harus kita hadapi. PM2.5 merupakan partikulat berdiameter kurang dari 2.5 micrometer (sangat kecil dan tidak dapat dilihat langsung) yang sangat berbahaya apabila terhirup. Menurut WHO, paparan terhadap PM2.5 tidak boleh melebihi 5 ug/m3 untuk menghindari risiko kesehatan.

Sekarang, mari lihat data tentang kualitas udara di Kota Bekasi!



Kita bisa lihat bahwa garis biru adalah Bekasi dan garis hitam adalah Jakarta.

Sejak awal tahun 2023, kadar PM2.5 di Bekasi melampaui DKI Jakarta. Bahkan, kenaikannya semakin melonjak drastis pada Mei hingga Juni.

Buruknya kualitas udara ini tidak hanya terjadi di satu daerah di Bekasi, tetapi hampir di seluruh daerah di Bekasi. Coba kita lihat perbandingan seluruh sensor nafas di Bekasi dengan di DKI Jakarta!



Daerah-daerah ini pun memiliki tingkat polusi yang tingginya melampaui Jakarta. Bahkan, seperti kita semua bisa saksikan, kadar PM2.5 di Tarumajaya mencapai 9x di atas batas paparan tahunan WHO (5 ug/m3)!

Tarumajaya



Tarumajaya merupakan daerah yang lokasinya dekat dengan permukiman warga. Terlalu sering memiliki kualitas udara yang memprihatinkan, daerah ini menjadi langganan juara polusi di Bekasi. Polusi hiperlokal seperti bakar sampah bisa jadi penyebab utamanya.

Cikarang Selatan



Tak hanya Tarumajaya, kualitas udara di Cikarang Selatan juga tak kalah mengkhawatirkan. Penyebabnya bisa jadi karena polusi lintas batas yang berasal dari kawasan industri yang dekat dengan Tambun Selatan.

Tambun Selatan



Tambun Selatan bisa dikatakan menjadi lokasi nomor urut 3 dengan kualitas udara yang tidak sehat. Lokasinya berdekatan dengan kawasan industri sehingga emisi dari industri sekitar memperburuk kualitas udara di daerah ini.

Mungkin kalian juga bertanya-tanya, “sebegitu buruknya, kah, kualitas udara di Kota Bekasi?” Tentu tidak.

Kualitas udara di Bekasi tidak selalu buruk

Mari kita lihat kualitas udara Bekasi pada bulan Juni lalu!



Pada bulan Juni, ada beberapa waktu yang udaranya cukup baik, terutama di akhir bulan. Hal tersebut dapat dilihat melalui banyaknya titik kuning yang berarti moderat.

Meskipun demikian, kami menganjurkan para warga Bekasi yang rutin bepergian setiap hari untuk bekerja sebaiknya waspada karena risiko terpapar polusi udara sangat tinggi. Dari hasil penelitian gabungan nafas dan perusahaan telemedis lokal di Jabodetabek pada Juni - Agustus 2022, jumlah konsultasi terkait serangan asma naik 2x lipat dalam 10-17 jam saat PM2.5 berada di kategori Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif, yang mana bisa kalian lihat sebagai titik berwarna oranye. Dari hasil studi kolaborasi Nafas dan perusahaan telemedis lokal di Jabodetabek pada bulan Juni - Agustus 2022, jumlah konsultasi terkait asma meningkat dua kali lipat dalam 10-17 jam saat PM2.5 berada dalam kategori Tidak Sehat untuk Kelompok Sensitif, yang dapat dilihat sebagai titik berwarna oranye.



Jadi, bagaimana cara menghadapi situasi ini?

Bahkan orang yang paling sadar akan kesehatan pun terkadang lupa untuk mempertimbangkan polusi udara sebelum membuat rencana kegiatan di luar ruangan. Bagi mereka yang mungkin sangat rentan terhadap dampak polusi udara, seperti anak-anak, orang tua, mereka yang memiliki penyakit paru-paru atau jantung, dan wanita hamil, sangat penting untuk menghindari hari-hari udara yang parah. Cobalah saran-saran berikut ini untuk menikmati udara bebas sambil mengurangi paparan polusinya:

👉 Jangka pendek:

  1. Periksa kualitas udara dengan Nafas sebelum keluar rumah (gunakan masker yang tepat jika perlu)
  2. Ajak teman-teman kalian untuk memeriksa kualitas udara juga
  3. Jika kualitas udara buruk, gunakan HEPA filter untuk memperbaiki kualitas udara

👉 Jangka panjang:

  1. Suarakan isu ini kepada RT/RW setempat - mungkin ada pembakaran sampah yang terjadi di daerah kalian.
  2. Sampaikan hal ini kepada perwakilan di daerah yang kualitas udaranya buruk


Mari tunjukkan dan suarakan bahwa kita peduli dengan masalah polusi udara sehingga orang-orang yang lebih bertanggungjawab akan hal ini juga peduli!