LEARN / BLOG

Nilai Ujian Sekolah Anak Jeblok, Benarkah Ada Efek dari Polusi Udara?


WRITTEN BY

Nafas Indonesia

PUBLISHED

05/12/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Apakah nilai ujian anak Anda perlahan menurun? Buat yang punya anak, sebaiknya kita juga membantu mereka untuk mempersiapkan segalanya. Dari menyediakan lingkungan belajar yang kondusif, hingga memerhatikan kesehatan mereka agar bisa tampil prima saat mengerjakan ujian.

Termasuk dengan terus mewaspadai polusi udara. Penelitian terbaru membuktikan adanya pengaruh paparan polusi tinggi yang konsisten dengan nilai ujian anak yang rendah. Seberapa berpengaruh kah kualitas udara terhadap performa anak-anak saat ujian? Mari kita simak ulasan studi yang membahas masalah ini.

Tentang Studi Ini

Temuan Utama

Jurnal penelitian ini menunjukkan keterkaitan antara dampak paparan jangka panjang terhadap PM2.5 udara luar ruangan dan prestasi akademis (khususnya dalam matematika dan membaca) pada sekelompok anak di North Carolina. Data dalam penelitian ini mengemukakan bahwa:

  • Setiap kenaikan 1 μg/m3 PM2.5 di udara, nilai matematika dan membaca menurun dalam skor ujian akhir yang terstandar.
  • Secara khusus, skor matematika menunjukkan penurunan saat tingkat PM2.5 berada antara 10-14 μg/m3.
  • Penurunan skor membaca yang konstan teramati ketika tingkat PM2.5 melampaui 8 μg/m3.
  • Secara keseluruhan, seiring dengan meningkatnya konsentrasi PM2.5, nilai ujian anak-anak cenderung menurun.
  • Selain itu, skor matematika anak perempuan menunjukkan kerentanan yang signifikan terhadap paparan PM2.5, hal yang sama berlaku untuk skor membaca anak-anak dari keluarga berpendapatan rendah.

Metodologi

Studi cross-sectional ini mengikuti panduan pelaporan STROBE dan disetujui oleh Yale Institutional Review Board dengan persetujuan informasi yang diabaikan karena ini adalah analisis sekunder. Peneliti mendapatkan data administratif tingkat siswa dari North Carolina Education Research Data Center, yang mencakup siswa kelas 3-8 yang bersekolah di sekolah umum di North Carolina dari tahun 2001-2018.

Peneliti menstandarisasi skor ujian dalam matematika dan membaca. Analisis dilakukan dengan menggunakan software statistik R dan dilakukan pada bulan Maret-September 2023. Konsentrasi PM2.5 diamati menggunakan koordinat sekolah dalam 12 bulan sebelum ujian dan menggunakan suhu maksimum harian selama musim panas (Juni-September) dan musim dingin (Desember-Februari) sebagai kontrol iklim.

Mengapa Ini Penting

  1. Udara Sehat, Pembelajaran Menyenangkan: Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang bumbu rahasia kesuksesan sekolah? Ternyata, itu juga ada di udara - secara harfiah. Studi ini mengungkapkan bahwa ketika anak-anak menghirup udara yang lebih bersih (minim PM2.5), prestasi akademik mereka akan meningkat. Memberikan lingkungan yang segar dan sehat bagi anak-anak; itu adalah kunci untuk meningkatkan petualangan pembelajaran mereka.
  2. Mengatasi Ketidaksetaraan, Mendorong Perubahan: Sekolah juga perlu memperhatikan kelompok rentan yang juga merupakan bagian penting dari lembaga pendidikan. Ternyata, mereka menghadapi dampak PM2.5 yang sedikit lebih signifikan. Orangtua, Anda merupakan pemegang kunci untuk kesetaraan di sekolah. Berilah saran pada kebijakan sekolah dan pastikan setiap anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk menghirup udara segar.
  3. Udara Bersih, Masa Depan Cerah: Studi ini bukan hanya untuk para pengambil keputusan besar; ini adalah sebuah dorongan untuk bertindak. Wali murid, bergabunglah dengan para pemimpin untuk membersihkan udara. Berkurangnya PM2.5 bukan hanya tentang kesehatan; ini tentang memastikan hari sekolah anak Anda menjadi yang terbaik yang bisa mereka dapatkan. Ini tentang membuat udara lebih bersih agar anak-anak Anda dapat berkembang dan belajar dengan baik.

Bernapaslah dengan lebih baik untuk prestasi yang gemilang! Bergabunglah dalam gerakan udara bersih di sekolah - untuk memastikan masa depan yang lebih sehat bagi para siswa di Indonesia.