LEARN / BLOG

Momen Langit Biru di Bulan September: Pertanda Kualitas Udara Jabodetabek Sudah Membaik?


WRITTEN BY

Kezia Grace

PUBLISHED

01/11/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Kualitas udara di Jabodetabek, yang sering didominasi oleh kategori "tidak sehat" (baik untuk kelompok sensitif maupun umum), tampaknya telah menjadi pemandangan biasa bagi warga yang tinggal, bekerja, atau sering berpergian di daerah ini. Oleh karena itu, momen langit biru dan udara bersih menjadi sesuatu yang jarang ditemui dan mungkin sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang.



Pada 12 September 2023, momen langka tersebut terjadi, saat kualitas udara Jabodetabek tercatat baik dengan dominasi warna indeks kualitas udara di aplikasi Nafas berwarna kuning.



Fenomena serupa tercatat pada 29 September 2023, termasuk di daerah-daerah yang kerap kali mendapat predikat memiliki kualitas udara terburuk, seperti Tangerang Selatan dan Depok.



Sensor Nafas mencatat fluktuasi tingkat polusi PM2.5 di wilayah tersebut. Grafik konsentrasi PM2.5 selama bulan September menunjukkan peningkatan kualitas udara, terutama pada rentang waktu 11.00 - 17.00, dengan konsentrasi PM2.5 berkisar antara 22-26 µg/m3.

Angin kencang berperan dalam penurunan tingkat polusi di Jabodetabek

Berdasarkan analisis tim Nafas, perbaikan kualitas udara di bulan September disebabkan oleh kontribusi angin kencang yang membantu mendorong polutan menjauh dari daerah tersebut. Hal ini menyebabkan polutan tersebar ke wilayah lain, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas udara di beberapa daerah Jabodetabek yang berdekatan dengan pesisir.



Namun, akibat dari dispersi polutan oleh angin dari daerah pesisir, terjadi akumulasi polutan di beberapa area, terutama di dataran tinggi dekat Bogor.

Dapat disimpulkan bahwa penurunan tingkat polusi di suatu wilayah, yang membuat langit tampak biru cerah, bisa disebabkan oleh angin kencang yang "memindahkan" polutan ke wilayah lain. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi sumber polusi agar kualitas udara tetap sehat.

✅ Polusi udara dapat berubah dengan cepat. Selalu waspadai dan pastikan untuk memeriksa kualitas udara sebelum beraktivitas di luar. Ikuti rekomendasi dari Nafas!