LEARN / BLOG

Kebakaran TPA Rawa Kucing Menambah Daftar Kontributor Polusi Tinggi


WRITTEN BY

Kezia Grace

PUBLISHED

26/10/2023

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Sepanjang Juni-Agustus 2023, 14 TPA telah terbakar di Indonesia, dengan 13 di antaranya di pulau Jawa. Angka ini naik menjadi 15 pada 21 Oktober 2023, ketika TPA Rawa Kucing di Tangerang terbakar.


Setelah kebakaran di TPA Sarimukti, TPA Jatiwaringin, dan TPA besar lainnya, kini giliran TPA Rawa Kucing yang terbakar. Hingga artikel ini dupblikasikan, usaha pemadaman masih terus dilakukan.

Kebakaran TPA Rawa Kucing Meningkatkan Polusi Udara Wilayah di Sekitarnya

Dari pantuan satelit, tim Nafas menemukan adanya pergerakan asap yang terlihat dominan ke arah barat.



Selama beberapa hari terbakar, ada beberapa waktu di mana arah angin berubah dan berdampak pada daerah sekitar sumber kebakaran di Tangerang. Termasuk di antaranya kawasan bandara.



Hal ini menunjukkan bahwa kebakaran TPA Rawa Kucing berpotensi memberikan kontribusi signifikan terhadap tingkat polusi, mempengaruhi kualitas udara di wilayah sekitarnya. Beberapa area di sisi Jabodetabek dikategorikan sebagai ‘Tidak Sehat’ (merah) atau bahkan ‘Sangat Tidak Sehat’ (ungu).



Ada potensi kontribusi polusi udara dari kebakaran TPA Rawa Kucing ke sisi barat Jabodetabek dan juga wilayah lainnya sesuai arah pergerakan angin.

Kebakaran TPA Rawa Kucing adalah bencana yang tidak bisa kita prediksi sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk segera melakukan tindakan preventif atau perlindungan, khususnya jika kamu tinggal atau sering beraktivitas di sekitar lokasi kebakaran.

Tips Mengurangi Paparan Polusi dari Asap Kebakaran TPA

1. Periksa kualitas udara di aplikasi Nafas sebelum beraktivitas di luar.

2.
Pakai masker jika harus keluar rumah. Masker yang disarankan adalah tipe respirator seperti N/KN95.nsitas dan durasi olahraga di luar.

3. Jika tingkat polusi udara sedang tinggi, sebaiknya di rumah saja.

4. Perkuat imunitas dengan pola tidur teratur, makanan sehat, dan olahraga saat kualitas udara sedang baik.

✅ Semoga kebakaran TPA Rawa Kucing bisa lekas padam. Warga sekitar sebaiknya waspada karena kualitas udara mudah berubah mengikuti kondisi atmosfer dan sumber polusi!