LEARN / BLOG

Kapan waktu terbaik untuk berolahraga jika polusi udara tinggi?


WRITTEN BY

Anggid Primastiti

PUBLISHED

03/08/2022

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ada banyak manfaat kesehatan untuk berolahraga secara teratur, seperti meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan, dan meningkatkan daya tahan. Ini tidak bisa dibantah.

Namun, dengan polusi udara yang mengintai, ada risiko kesehatan yang terkait dengan berolahraga. Selama berolahraga, sebagian besar udara dihirup melalui mulut tanpa adanya proses penyaringan partikel seperti mekanisme pernafasan pada umumnya. Selain itu, kecepatan aliran udara yang lebih tinggi juga mengangkut polutan lebih dalam ke saluran pernapasan.

9 dari 16 studi yang ditinjau menunjukkan bahwa berolahraga di luar di udara yang tercemar memiliki konsekuensi kesehatan jangka pendek, seperti gangguan fungsi paru-paru.

Sekarang, keputusan untuk berolahraga menjadi sedikit lebih kompleks. Bagaimana jika polusi udara di pagi hari sedang tinggi? Jika iya, bagaimana Anda harus mengatur olahraga anda?

Mari kita kupas lebih dalam!

Kualitas udara pagi hari adalah yang terburuk



Berlawanan dengan kepercayaan yang populer, pagi hari bukan selalu waktu terbaik untuk berolahraga.

Ternyata, kualitas udara di atmosfer sangat buruk sejak sore hingga dini hari. Hal ini disebabkan oleh inversi suhu, yaitu fenomena yang disebabkan oleh aliran massa udara di atmosfer, yang mengakibatkan perbedaan suhu di atmosfer.

Fenomena ini akan mencegah udara naik ke atas, mengumpulkan polusi udara di dekat permukaan bumi dan memperburuk polusi udara di permukaan bumi. Inversi suhu akan memudar saat suhu udara naik di siang hari.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan?

Tip 1: Waktu terbaik untuk berolahraga adalah kapan pun yang anda bisa lakukan secara konsisten


Kami sadar bahwa anda memiliki waktu yang terbatas. Hanya dengan 24 jam dalam satu hari, meluangkan waktu berolahraga bisa jadi sulit untuk dilakukan.

Saran dari kami adalah: Pilih satu atau dua rentang waktu yang bisa anda luangkan untuk berolahraga secara konsisten.

Lalu, perhatikan bagaimana kualitas udara ketika anda akan berolahraga. Sebisa mungkin, hindari berolahraga di luar ruangan ketika polusi udara di sekitar anda sedang tinggi.

Tip 2: Batasi Waktu Olahraga dengan Fitur ‘Exercise Alert’


Untuk membantu Anda mengetahui kapan harus mengurangi waktu olahraga, kami menyediakan fitur notifikasi untuk berolahraga yang dapat Anda aktifkan dengan mudah!

Cukup tekan lokasi yang Anda inginkan > nyalakan fitur 'Receive Air Quality Alert'' > nyalakan fitur 'Exercise Alert’


Tip 3: Cari gym/ studio yoga yang kualitas udara dalam ruangannya terjamin sehat




Dengan Clean Air Zone, kamu akan menemukan gym atau studio yang terjamin kualitas udaradi dalam ruangannya, sehingga kamu dapat fokus dengan olahraga kamu tanpa harus mengkhawatirkan kualitas udara di sekitar kamu.


✅ Kami akan menambahkan fitur baru dari waktu ke waktu. Jika Anda memiliki saran, silakan email kami di [email protected].


Referensi:

Can air pollution negate the health benefits of cycling and walking? (2016). Preventive Medicine, 87, 233–236. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2016.02.002

​​Ni, X.-F., Peng, S.-C., & Wang, J.-Z. (2019). Is Morning or Evening Better for Outdoor Exercise? An Evaluation Based on Nationwide PM2.5 Data in China. Aerosol and Air Quality Research, 19(9), 2093–2099. https://doi.org/10.4209/aaqr.2019.07.0362