LEARN / BLOG

Bisakah Kualitas Udara Baik dan Buruk pada saat yang bersamaan? Mari kita lihat Bogor


WRITTEN BY

nafas Indonesia

PUBLISHED

05/01/2022

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Sensor yang terletak berdekatan biasanya menampilkan pola kualitas udara yang sama, namun data yang diperoleh Nafas menunjukkan bahwa wilayah Bogor terbagi menjadi dua kelompok. Pada hari dan jam yang sama, Wilayah Bogor Timur memiliki AQI yang lebih sehat dibandingkan Wilayah Bogor Barat, seperti terlihat pada grafik AQI di bawah.



Bagaimana ini bisa terjadi? Kok bisa dua lokasi yang tidak terlalu jauh satu sama lain menunjukkan perbedaan kualitas udara yang signifkan?

Dari pengamatan kami selama setahun di Bogor Timur dan Bogor Barat, grafik menunjukkan bahwa kualitas udara secara keseluruhan di Bogor Timur kira-kira 22% lebih baik daripada Bogor Barat. Kesenjangan yang signifikan menyimpulkan bahwa kondisi di kedua wilayah tidak dipengaruhi oleh perubahan musim melainkan dipengaruhi oleh empat alasan berikut:

  1. Sisi yang lebih sehat (Bogor Timur) terletak di dekat daerah pegunungan sedangkan sisi yang tidak sehat (Bogor Barat) terletak di daerah kota. Daerah kota memiliki lebih banyak lalu lintas dan lebih banyak aktivitas manusia, yang dapat menyebabkan tingkat polusi yang tinggi di daerah itu.
  2. Karena sisi yang tidak sehat (Bogor Barat) memiliki elevasi yang lebih rendah dibandingkan dengan sisi yang lebih sehat (Bogor Timur) dan sisi yang tidak sehat dikelilingi oleh daerah pegunungan, maka cenderung menampung polutan seperti bak penampung air. Meskipun, angin terkadang membantu menghilangkan polusi. Karena topografi kota dan kepadatan penduduk, mendukung pembuatan lapisan inversi suhu* di Bogor Barat. Ini menjebak polutan di dekat tanah dan menghasilkan konsentrasi polusi yang tinggi dari malam hingga pagi.

    *Apakah Anda ingat melihat kabut/kabut di pagi hari? Itu adalah hasil dari inversi suhu.

  • Daerah pegunungan sangat luas dan lebih sedikit penduduknya oleh bangunan, mobil, dan orang dibandingkan dengan daerah kota. Bangunan mungkin menghalangi atau mengubah arah angin, yang dapat menyebabkan kecepatan angin lebih rendah di daerah kota dibandingkan dengan daerah pegunungan. Memiliki area yang lebih terbuka berarti angin mampu membawa polusi lebih baik dibandingkan dengan area dengan kepadatan tinggi.
  • Tingginya proporsi kawasan industri di Bogor Barat berpengaruh terhadap kualitas udara di kawasan tersebut. Kualitas udara akan semakin buruk seiring dengan bertambahnya jumlah industri dan sebaliknya. Akibatnya, Bogor Barat memiliki kualitas udara rata-rata yang lebih tinggi daripada Bogor Timur.

🤔 Jadi, apa yang diajarkan disparitas kualitas udara ini kepada kita?

Terutama, kualitas udara itu sangat hiperlokal.

Inilah sebabnya mengapa Nafas memiliki hampir 170 sensor di enam kota dan kami berencana untuk memperluas jaringan kami lebih jauh. Hiperlokalitas
dan kepadatan sensor kualitas udara berarti data yang lebih akurat untuk membantu Anda tetap sehat di tengah lingkungan yang penuh polusi udara.