LEARN / BLOG

Apa saja sumber polusi udara?


WRITTEN BY

Anggid Primastiti

PUBLISHED

17/11/2022

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Polusi udara terbukti memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Emisi kendaraan bermotor yang kerap disebut sebagai pelaku utama, nyatanya hanya satu dari sekian banyak sumber polusi udara yang berada di sekeliling kita tanpa kita sadari.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda beberapa sumber polusi udara:

  • 📍 Sumber titik
  • 🚗 Sumber bergerak
  • 🏭 Sumber area
  • 🏔️ Sumber alami

☝🏼 Sekarang, mari kita bahas bersama!


Sumber Titik

Sumber titik adalah sumber yang tidak bergerak. Sumber pencemaran ini spesifik di suatu lingkungan dengan ruang lingkup yang kecil. Keberadaan sumber titik sangat dekat dengan area gerak kehidupan kita sehari-hari, misalnya asap dapur rumah tangga dan asap pabrik. Jika ada tetangga Anda yang membakar sampah, ataupun warung sate yang menghasilkan kepulan asap, kedua area pembakaran tersebut dapat kita sebut sebagai sumber titik.


Sumber Bergerak

Sumber bergerak adalah sumber polusi udara yang dapat bergerak. Biasanya dapat kita bagi lagi menjadi dua kelompok: sumber bergerak di jalan raya dan sumber bergerak di luar jalan raya.

🚗 Sumber bergerak di jalan raya misalnya kendaraan seperti mobil, truk, bus, dan sepeda motor.

✈️ Sumber bergerak di luar jalan raya misalnya pesawat terbang, kapal, kereta api, mesin pemotong rumput, kendaraan konstruksi, sepeda motor trail, peralatan pertanian, blower daun, dan banyak lagi.


Sumber area

Sumber area adalah wilayah yang di dalamnya terdapat kegiatan yang menghasilkan polusi udara, seperti area industri, kota yang padat, dan area hutan yang terbakar. Jika kebakaran hutan murni terjadi akibat kekeringan, bukan dibakar secara sengaja, kebakaran hutan juga bisa disebut sumber alami. Selain itu, area jajanan kaki lima yang penuh kepulan asap dari proses memasaknya juga termasuk ke dalam sumber area.


Sumber alami

Selain buatan manusia, polusi udara ada yang bersumber dari alam, atau disebut juga sumber alami, misalnya gunung berapi yang meletus, debu yang tertiup angin, dan kebakaran hutan yang terjadi akibat kemarau. Contoh lain dari sumber alami polusi udara adalah senyawa organik dari tanaman, garam laut, dan tanah yang tersuspensi.

Kini Anda telah mengenali empat sumber polusi udara. Dengan demikian, Anda bisa memahami bahwa sumber polusi udara cukup beragam, bahkan bisa dekat dengan keseharian Anda.

Oleh karena itu penting untuk membangun kebiasaan baik dengan rutin mengecek kualitas udara di aplikasi Nafas. Untuk tubuh dan kehidupan yang lebih sehat, mari mulai memaksimalkan penggunaan Nafas bersama kami.