LEARN / ARTICLE

Seberapa jauh polusi udara dapat menyebar?


WRITTEN BY

nafas Indonesia

PUBLISHED

04/09/2020

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Polusi udara disebarkan oleh angin dan pola cuaca

Polusi udara disebabkan oleh pola angin dan cuaca. Semua partikel di udara – seperti polutan, debu, dan asap – akan menyebar terbawa arus angin.

Udara lebih bersih jika jauh dari sumber polusi

Pada umumnya, semakin jauh dari sumber polusi udara, semakin bersih udaranya. Misalnya, rumah di sebelah jalan raya akan lebih terkena dampak udara kotor daripada rumah yang terletak sejauh satu kilometer dari jalan tersebut. Penelitian menemukan bahwa tingkat polutan seperti bahan partikulat (particulate matter atau PM) dan nitrogen dioksida mengalami penurunan signifikan pada jarak 100-150m dari jalan raya.

Arah dan kecepatan angin penting

Namun, arah angin dapat mempengaruhi penyebaran polutan secara signifikan. Kualitas udara di wilayah yang berlawanan dengan arah angin dapat meningkat dalam jarak 100m dari jalan tersebut, namun kualitas udara akan tetap buruk sejauh 1,5km di wilayah yang sejajar arah angin.

Polusi udara bisa menyebar ke berbagai negara

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa polusi udara dari Tiongkok bahkan telah menyebar sejauh lebih dari 10.000km hingga ke pesisir barat Amerika Serikat. Angin barat membawa polutan seperti ozon, sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, dan PM dari wilayah industri di Tiongkok sampai ke kota-kota AS seperti Los Angeles.

Polutan seperti asap dari kebakaran hutan dan debu dari badai debu juga dapat menyebar jauh. Misalnya, asap kebakaran hutan musiman di Indonesia sering menyebar hingga ke Singapura dan Malaysia, dan berdampak pada kesehatan masyarakat selama berhari-hari meskipun mereka berada di lokasi yang jaraknya ribuan kilometer dari sumber kebakaran.

Sepuluh negara anggota ASEAN bahkan menandatangani perjanjian pada tahun 2002 untuk mengurangi kabut asap regional yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Indonesia menjadi negara terakhir yang meratifikasi perjanjian ini pada tahun 2014.

Pola sirkulasi udara berubah sesuai musim

Pola alami aliran udara berubah dari musim ke musim, sehingga kualitas udara dapat sangat bervariasi bergantung pada lokasi, bulan, dan peristiwa cuaca seperti badai. Perubahan iklim yang terjadi juga mengganggu pola aliran udara.

Penyebaran polusi udara menunjukkan betapa pentingnya untuk memahami standar kualitas udara dan bagaimana pengukuran standar tersebut. Udara kita mungkin terlihat bersih, tetapi apakah itu benar?


Referensi