LEARN / ARTICLE

Bagaimana saya bisa melindungi diri dan keluarga saya dari polusi udara?


WRITTEN BY

nafas Indonesia

PUBLISHED

04/09/2020

LANGUAGE

EN / ID

English / Indonesia


Polusi udara dapat secara signifikan mempengaruhi kesehatan kita, tetapi ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk membantu melindungi diri dan keluarga.

Cek nilai AQI

Biasakan mengecek nilai Air Quality Index (AQI) di wilayah Anda setiap pagi. Informasi ini membantu kita memahami keadaan polusi udara di sekitar kita. Pemantauan AQI lebih penting lagi bagi kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, perempuan hamil, dan orang dengan penyakit pernapasan dan kardiovaskular.

Kurangi waktu di luar

Jangan keluar pada hari berpolusi udara buruk, atau setidaknya batasi waktu Anda di luar sebisa mungkin. Jika Anda harus keluar rumah, hindari jalan yang sibuk sebisa mungkin, terutama pada jam sibuk. Jika berjalan atau bersepeda, jaga jarak dengan lalu lintas sejauh mungkin. Misalnya, berjalan di sisi trotoar yang paling jauh dari kendaraan. Jarak hanya satu meter pun dapat memberikan perbedaan besar terhadap kualitas udara. Batasi jumlah waktu anak-anak Anda habiskan di luar rumah saat nilai AQI sedang tinggi. Ajak mereka untuk bermain di dalam rumah saja.

Jika Anda menderita asma, selalu bawa
inhaler pereda asma. Gunakan inhaler pencegah yang Anda miliki secara teratur. Jika Anda merasa gejala asma semakin parah, sebaiknya Anda periksa ke dokter.

Pakai masker

Pakailah masker yang mampu menyaring polusi. Masker bermutu tinggi seperti masker N95 atau P2 akan mengurangi dampak kesehatan dari polusi udara. Masker bedah cukup untuk melindungi Anda dari debu dan partikel yang lebih besar, tetapi ia tidak menyaring partikel yang lebih kecil dan lebih berbahaya seperti PM2.5. Hanya masker bernilai N95/P2 dapat menyaring PM2.5. Pastikan masker Anda pas dengan wajah agar mendapatkan perlindungan maksimal.

Berolahraga di dalam

Olahraga tetap penting. Jika memungkinkan, sebaiknya berolahraga di dalam ruangan atau setidaknya di ruang hijau dengan banyak pohon. Jalan kaki dalam mal juga bisa menjadi alternatif yang baik pada hari dengan tingkat polusi udara yang buruk.

Melindungi diri di dalam

Di dalam rumah Anda, jangan buka jendela dan pintu pada hari dengan tingkat polusi udara yang buruk. Baiknya mengecek nilai AQI di app secara reguler, dan bukalah jendela hanya ketika AQI telah menurun. Pastikan tidak ada celah dekat jendela dan pintu, karena polusi udara dari luar bisa masuk melalui celah yang paling kecil sekalipun. Anda juga dapat menggunakan produk yang memantau dan menyaring udara di dalam rumah. Produk-produk ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas udara.

Di tempat kerja Anda, dorong manajemen untuk memasang produk pendingin udara dan penyaring udara.

Menjadi terlibat

Anda juga dapat mengadvokasikan perubahan dengan terlibat dalam gerakan untuk mengurangi polusi udara dan melawan perubahan iklim. Tindakan individu memang penting, tetapi perubahan juga diperlukan pada skala yang lebih besar.


Referensi

US Environmental Protection Agency. 2014. Air Quality Index: A Guide to Air Quality and Your Health. http://www3.epa.gov/airnow/aqi_brochure_02_14.pdf

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/expert-answers/air-pollution-and-exercise/faq-20058563